Teori Dasar Blog


Blog muncul sebagai salah satu model media informasi dan komunikasi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi sebagai salah satu kekuatan baru yang muncul sejak awal abad ke-21, dengan ciri utama perkembangannya yang sangat cepat. Betapa tidak, pada tahun-tahun awal 1980-an, masyarakat dikenalkan dengan software pengolah kata “WordStar” (“WS”), dan pengolah angka “Lotus 1-2-3”. Kenyataan bahwa tulisan dapat disunting sebelum dicetak, atau penjumlahan otomatis pada lotus, merupakan hal yang pada waktu itu sangat revolusioner dan radikal.  Pergantian dari mesin ketik manual dan alat hitung kalkulator ke WS dan Lotus ketika  dirasakan oleh banyak orang sebagai loncatan besar.  Namun, ketika si Raksasa Microsoft mengeluarkan produk pengolah kata, angka dan data yang dikemas dalam bandel Microsoft Office pada pertengahan tahun 1980-an,  WS –  LOTUS dipandang sangat tradisional, dan akhirnya tidak berbekas karena ditinggalkan orang. Demikian pesatnya perkembangan di bidang TIK.  Sesuatu yang semula radikal dan revolusioner, dengan cepatnya menjadi konvensional, dan akhirnya tradisional, dan bahkan hilang tak berbekas.

Demikian pula dalam persoalan komunikasi dan interaksi. Dulu golongan terpelajar mengkomunikasikan sesuatu dengan  menulis  di secarik kertas (surat) dan kemudian dikirimkan menggunakan perangko melaui jasa pos. Sekarang, jasa pos ditinggalkan oleh sementara orang, karena berganti dengan surat elektronik (e-mail).  Dan, majalah dinding yang dulu merupakan media efektif di kalangan siswa-siswa di sekolah dasar dan menengah, atau semacam tabloid di kalangan mahasiswa, sekarang ditinggalkan orang, karena digantikan oleh blog.

Salah satu bidang yang kena dampak perkembangan teknologi yang sangat pesat ini adalah pendidikan. Internet akhirnya menjadi salah satu sumber belajar yang hampir tanpa batas (unlimited learning recource).  Bahkan di beberapa sekolah, terutama di kota-kota,  telah dicanangkan digunakannya pembelaran berbasis TIK. Walaupun istilah yang digunakan bermacam-macam, ada yang menggunakan web-based education, e-learning, dan sebagainya, tetapi intinya adalah penggunaan jaringan internet dan tekonologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar. Dan, salah satu pengemasan bahan ajar yang dapat diakses oleh siapa saja yang memerlukan adalah sebuah web log, atau yang dengan singkat disebut blog. Tentu saja, pendidikan bukan satu-satunya bidang kehidupan yang memerlukan blog sebagai media informasi dan komunikasi. Blog digunakan di hampir semua bidang kehidupan, baik secara personal maupun institusional.

Apakah blog, bagaimana teori dasarnya, bagaimana membuat dan menggunakannya, akan dapat diikuti melalui tulisan berikut.

E-mail sebagai langkah awal

Sebenarnya tidaklah terlampu sulit sehingga seseorang memiliki akun blog. Langkah yang paling awal adalah mempunyai akun e-mail.

Memilih situs blog

Beberapa situs menyediakan fasilitas akun gratis, misalnya WordPress.com atau blogger.com/blogspot. Beberapa hal dapat menjadi pertimbangan di situs mana akan membuat akun. Di WordPress.com, satu akun hanya untuk satu blog. Ini berbeda dengan blogger.com/blogspot, di mana satu akun dapat untuk membuat beberapa blog. Kelebihan WordPress dibanding blogger/blogspot adalah (1) comment friendly: pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting, sehingga apabila Anda seseorang yang ingin berbagi atau men-share informasi,  WordPress menjadi pilihan yang tepat;  (2) posting terbaru akan muncul beberapa saat di dashboard (Menu Utama WordPress) seluruh pemakai WordPress, apabila posting Anda cukup menarik Anda sehingga dilihat oleh banyak orang, maka blog Anda berpeluang masuk di BOTD (Best of The Day) yang diklasifikasikan menurut bahasa, yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di dashboard seluruh pemakai wordpress.

Adapun kekurangan WordPress dibanding blogger/blogspot adalah javascript yang tidak berfungsi (disabled), artinya Anda tidak dapat memasang iklan apapun, seperti AdSense, Adbrite, dan lain-lain, di blog Anda.  Tentu saja hal ini bukan merupakan masalah bagi Anda yang menggunakan blog untuk keperluan nonkomersial, seperti untuk pendidikan atau pembelajaran.  Bagi Anda yang ingin memsang iklan di blog, lebih cocok membuat akun blog di blogspot atau yang lain.

Akun gratis di WordPress dapat dibuat secara singkat dengan prosedur berikut.

  1. Buka wordpress.com
  2. Klik Sign Up
  3. Isi form (antara lain username dan password)
  4. Chek e-mail dari WordPress untuk verifikasi akun
  5. Akun Anda sudah ada
  6. Log in, dan selanjutnya terserah Anda.

Sangat mudah memang membuat sebuah akun wordpress, tetapi hal ini belum dapat menjamin “kelangsungan hidup” dan eksistensi akun blog yang Anda buat. Blog Anda akan tidak berfungsi apa-apa sepanjang Anda tidak menulis apapun di dalamnya. Maka sebenarnya, substansi diri blog adalag kemauan untuk menulis ide-ide dan gagasan-gagasan Anda agar dapat didesiminasikan dan dikomunikasikan dengan pihak lain.  Memang Anda harus rela tulisan-tulisan Anda di blog akan  dibaca, dipuji, dikritisi atau bisa jadi dikecam oleh pihak lain. Tapi memang seperti inilah antara lain fungsi blog. Jadi, kalau Anda tidak ingin tulisan Anda dibaca atau direaksi oleh pihak lain secara positif atau negatif, maka jangan menulis di blog!

[bersambung, maaf belum sempat menyambung  …]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s