Kapan Ultah Sekolah?


Ketika pertama kali –pertengahan 2006– menginjakkan kaki di SMA di mana sekarang saya menjadi salah satu gurunya,  saya takjub oleh pemandangan di halaman tengah sekolah yang tampak sejuk meskipun ketika itu matahari pada posisi yang sudah tinggi dan lingkungan luar sekolah cukup terasa panas.  Ungkapan yang pas dalam bahasa Jawa mungkin “mak nyesss …”  Kemudian gedung sekolah yang terasa tua tetapi tampak tetap kokoh, bahkan terasa angker, menimbulkan perasaan bangga dan membuat kesan tersendiri, serasa berada di zaman Belanda.  Batin saya bertanya, kapan gedung tua ini dibangun? Barangkali seumuran dengan nenek dan kakek saya. Hehe …

Event sekolah yang diselenggarakan tidak lama dari saya menjadi guru di sekolah ini adalah ulang tahun yang saya kira dulu sebagai ulang tahun sekolah. Nama evennya adalah PPHP, Pekan Peringatan Hari Padmanaba. Beberapa kegiatan digelar dalam serangkaian acara PPHP. Seorang senior menceritakan kepada saya bahwa, “jan2nya (hehe, Jowo banget memang senior saya yang ini) yang diperingati ini bukan ulang tahun sekolah, tetapi ulang tahun Padmanaba. Organisasi pelajar yang didirikan pada 19 September 1942. “Lha, njuk kapan sekolah ini didirikan?”

Iseng-iseng saya membaca di blog seorang teman guru di sekolah ini, http://agsasman3yk.wordpress.com/2010/05/20/gdeung-sma-negeri-3-yogyakarta-di-tahun-1938/, dapat ditarik semacam kesimpulan bahwa, sekolah ini lahir 5 Juli 1918, karena pada tahun 1938, pada tanggal 5 Juli sekolah ini merayakan ulangtahunnya yang ke-20. [tuwir …]

Sumber lain,  pak Soeradi Boedisiswyo, guru sejarah SMA Negeri 3 Yogyakarta memberi keterangan bahwa sekolah ini yang dulunya adalah AMS Afd B te Djokjakarta, didirikan pada tanggal 2 Juni 1919.  Pak Soeradi menunjukkan naskah tua berbasa Belanda yang ditemukan di perpustakaan sekolah.  “… V.H.O afdeling B der A.M.S te Djokdjakarta. Deze afdeling werd geopend ingevolge get Gouv. besl. van 2 Juni 1919 no. 1 (St. No. 259). Aan het Hoofd staat een Directeur.” Berarti beslit kelahiran sekolah ini adalah tanggal 2 Juni 1919.

Nah, yang bener mana, ya … tapi mungkin untuk urusan tertentu, hal ini gak penting. Apalagi untuk diperingati. Kalau diperingati juga, maka akan ada dua kali ulang tahun … repot. Dengan satu kali ulang tahun saja repotnya bukan kepalang karena kegiatan yang seabrek … apalagi kalau dua kali ultah. Bisa jadi seluruh waktu habis untuk perayaan ulang tahun ….

I

Tinggalkan Balasan

