Pengamanan Data Pribadi


Apakah pernah mengalami data rahasia/pribadi Anda tiba-tiba berada ke area publik, sebagaimana kasus video a-susila yang dikatakan mirip selebritis itu?  Hal yang perlu kita cermati adalah, mengapa video atau data pribadi tersebut dapat ‘bocor’ ke area publik.  Berpinjak pada kasus video a-susilo mirip artis, konon kabarnya si pelaku di video tersebut, sebelumnya mengalami kecurian perangkat komunikasi berupa handphone, seharusnya dengan kejadian ini kita menjadi paham, bahwa handphone atau perangkat digital portabel lainnya sangat rentan dengan pencurian.
Karena itu, apabila Anda memiliki data pribadi di dalam perangkat portabel hendaklah  segera dilakukan pemindahan data ke media digital yang lebih aman, misalkan ke PC Desktop di rumah. Supaya lebih aman lagi dapat diproteksi dengan password (kata kunci) berupa enkripsi yang sulit ditembus. Ada beberapa software/aplikasi yang mampu memfasilitasi hal ini (enkripsi password). Atau bisa juga kita memanfaatkan fitur keamanan data yang ditawarkan sistem operasi yang kita pakai. Contohnya fitur yang terdapat pada Windows XP, Vista dan Windows 7.
Yang lebih aman, kita tidak menjadikan perangkat digital portabel sebagai media penyimpanan yang sifatnya tetap, melainkan  untuk sementara waktu saja.
Beberapa tips mungkin bisa diperhatikan untuk pengamanan data pribadi.
  1. Segera lakukan pemindahan data pribadi  dari  media digital portabel ke media digital/IT yang dianggap lebih aman. Bila perlu dipindahkan data tersebut ke CD/DVD  melalui proses burning yang terlebih dahulu diproteksi dengan enkripsi password. Sebab si pencuri jarang sekali menjadikan CD/DVD sebagai target pencurian, yang sering justru laptop atau PC desktop yang Anda miliki.
  2. Lakukan proteksi password/enkripsi password ke semua data pribadi anda, bisa dengan software non kompresi seperti folder lock, free folder hider, folder defence free dan lain sebagainya. Atau dengan software kompresi seperti WinAce,7-zip,Izarc dan lain-lain. Usahakan jangan memakai ekstensi/format yang sudah sering digunakan publik seperti *.zip dan *.rar, sebab  sudah  ada  program yang dibuat untuk menembus ekstensi kompresi tersebut. Untuk itu pakai saja *.7zip,*.tar,*.jar, *.ace,*.Gzip dan sebagainya.
  3. Bisa juga gunakan fitur keamanan yang terdapat pada sistem operasi Windows anda, untuk lebih aman lagi berikan juga password login terutama  jika komputer/laptop dipakai oleh beberapa use
  4. Pembuatan password enkripsi usahakan memakai kombinasi huruf besar dan kecil, ditambahkan angka, karakter khusus serta tanda baca. Jangan  memakai  istilah yang dekat  dengan  pribadi Anda seperti nama anggota keluarga,hobi,hewan atau tumbuhan kesayangan, lagu dan buku favorit anda.
  5. Bila hendak menjual perangkat digital/IT anda, periksa dan pastikan data pribadi anda telah dipindahkan ke media lainnya, lalu lakukan proses pemformatan dengan metode Full/Low format, agar blok/ruang terkecil di perangkat/media penyimpanan terisi semua setelah ditimpa dengan file sistem.
  6. Jika ingin memperbaiki perangkat digital sebaiknya diawasi terus proses perbaikannya, agar yakin betul data pribadi tetap aman. Bila  perlu  tukang  servisnya  dipanggil ke rumah saja.
  7. Usahakan melatih diri untuk tidak ‘teledor’ dalam meletakkan perangkat digital walaupun itu di rumah sendiri. Kedelapan, matikan fitur-fitur yang tidak terlalu penting di perangkat digital, terutama di area publik yang memberikan layanan free hot spot. Sebab fitur-fitur tersebut  bisa  menjadi  celah  bagi ‘hacker’ untuk menyusup ke perangkat anda. Salah satu fitur yang diwaspadai ialah bluetooth.
Demikianlah, semoga kita  lebih  bisa  bertanggung jawab terhadap aktivitas yang dilakukan dengan perangkat digital.
Sumber:  J. Suhartojo. Harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 19 Juli 2010, halaman 17.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s