Jadwal dan Formula Baru Kelulusan Ujian Nasional 2011


Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang ditunggu-tunggu banyak pihak akhirnya resmi diumumkan. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh telah meneken Permendiknas Nomor 45/2011 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46/2011 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA pada pekan ini (http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/un.aspx).

Jadwal UN untuk jenjang sekolah menengah atas/ madrasah aliyah/sekolah menengah kejuruan (SMA/MA/SMK) akan digelar pada 18-21 April 2011 (Utama), sedangkan pada 25-28 April 2011 akan dilaksanakan UN Susulan. UN Susulan dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada peserta yang tidak dapat mengikuti UN utama karena sakit. Adapun pengumuman hasil ujian (kelulusan) oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011.

UN SMP/MTs  akan digelar pada 25-28 April 2011 (UN Utama), sedangkan UN Susulan dilaksanakan  pada 3-6 Mei 2011. Hasil akan diumumkah pada 4 Juni 2011.

Untuk UN 2011 ini pemerintah menggunakan formula baru untuk menentukan kelulusan yaitu nilai gabungan antara nilai UN dan nilai sekolah yang meliputi ujian sekolah dan nilai rapor.  Dengan formula baru yang mempertimbangkan prestasi di sekolah (yaitu) ujian sekolah dan raport digabung dengan UN.

Formula Kelulusan

Formula baru kelulusan ujian nasional 2011 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini UN tidak mempunyai hak veto lagi. Kelulusan siswa tidak hanya ditentukan oleh nilai ujian nasional, tetapi juga ditentukan oleh nilai sekolah.

Standar kelulusannya tahun ini masih tetap sama dengan tahun kemarin, yaitu 5,5.   Perbedaan formula kelulusan dengan tahun lalu adalah pada tahun ini (2011) ada penggabungan antara hasil nilai ujian nasional dengan nilai ujian sekolah.  Proporsinya adalah nilai ujian nasional 60 persen dan nilai sekolah 40 persen.
Sekolah wajib mengirimkan nilai sekolah (rata-rata dari Nilai Ujian Sekolah dan Nilai Rapor semester 3, 4, dan 5) ke kemendiknas sebelum dilaksanakannya Ujian Nasional. Berarti, kalau biasanya Ujian Sekolah dilaksanakan setelah Ujian Nasional, pada tahun ini Ujian Sekolah dilangsungkan sebelum Ujian Nasional. Diperkirakan, karena UN akan dilangsungkan pada 18-21 April 2011, ujian sekolah praktek dan tertulis akan dilaksanakan pada akhir Maret 2011, atau selambat-lambatnya awal April 2011.

Sumber:

(http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/un.aspx).

 

2 thoughts on “Jadwal dan Formula Baru Kelulusan Ujian Nasional 2011

  1. Tolong kepada yang membaca informasi ini sampaikan kepada Kepada YTH Guru Fisika
    SMAN 3 Yogyakarta untuk menunjang pengajaran dan Praktikum Fisika kami akan menawarkan
    alat bantu untuk Praktikum Fisika khususnya terkait apa yang dibutuhkan oleh Guru Fisika
    untuk mempercepat pemahaman kepada siswa bila membutuhkan alat peraga praktikum Fisika
    kami siap untuk membantu sesuai dengan yang anda inginkan anda bisa menghubungi
    GamaTech Scientific Instruments HP : 08164261069

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s