Menyimpan Data di Awang-awang


Google-Drive2Mobilitas orang semakin hari semakin tinggi. Ketergantungan orang akan data juga semakin nyata.  Diperlukan kesempatan untuk dapat mengedit dan mengolah data kapan saja dan di mana saja, itulah mengapa perlu menyimpan data di awang-awang. Teknologi penyimpanan data semakin memanjakan pengguna. Sebagian dari kita mungkin masih menggunakan flash disk atau hardisk ekternal agar data dapat ditenteng kemana-mana, atau memerlukan tempat menyimpan data ketika bepergian. Dengan kemampuan menyimpan yang semakin besar dan bentuk yang semakin mungil, flash disk menjadi salah satu pilihan yang menawarkan kemudahan dan kapasitas yang besar.

Kini, tersedia sarana penyimpanan alternatif, yaitu penyimpanan data secara online atau melalui jaringan internet. Syaratnya, pengguna memiliki koneksi internet.

Fasilitas demikian disediakan oleh beberapa situs, seperti rapidshare.com, ziddu.com, 4share.com, mega.co.nz., enterupload.com, dropbox.com, skydrive.line.com, drive.google.com, dan beberapa atau mungkin masih banyak yang lain.

Semua layanan tersebut dapat digunakansecara gratis. Tentu saja pengguna sebelumnya harus melakukan registrasi. Kapasistas penyimpanan online yang disediakan pun bervariasi. DropBox, misalnya, menyediakan kapasitas 2 GB, Google Drive sebesar 5 GB, sedangkan SkyDrive menyediakan kapasitas 7 GB. Layanan yang baru bersalin rupa dari Megaupload, Mega, menawarkan kapasitas hingga 50 GB secara gratis.

Di Indonesia, situs kondang yang menawarkan layanan file sharing adalah Indowebster. Situs yang didirikan oleh Juny Maimun atau akrab disapa Acong ini menawarkan tempat penyimpanan file dengan kecepatan 1024 megabyte untuk setiap file, unlimited upload, unlimited download, unlimited bandwith, foto, video, dan galeri file.

Meski sebagian bersifat unlimited, situs-situs ini membatasi kapasitas unggah file. SkyDrive dan DropBox, misalnya, membatasi unggah satu file sebesar 300 MB. Indowebster awalnya memberi batasan 200 MB per file, dan terakhir 3 GB perfile.  Namun,  dalam sistem baru mereka, batanya adalah 1 GB per file.

Google Drive unggul dalam kemudahan penggunaan dan integrasi, karena terintegrasi dengan Google Docs, Google+, Android, sehingga cocok bagi pengguna yang terbiasa menggunakan produk Google.  Berkat integrasi dengan Google Docs, Dirve dapat membuka lebih banyak program, seperti file Photoshop dan AutoCad.

Pencarian file juga merupakan keunggulan dari Google Drive, yaitu dapat dilakukan berdasarkan kata kunci, sedangkan filternya mengacu pada tipe file dan pemilik. Google Drive juga dapat mengenali teks di dalam dokumen dengan menggunakan teknologi optical character recognitioan (OCR).

Adapun SkyDrive unggul dalam hal kapasitas penyimpanan dan akses file. Tampilan SkyDrive juga menarik, yang lebih penting, cocok dipakai pengguna yang terbiasa menggunakan documen microsoft office.

Di SkyDrive juga terdapat menu Recycle Bin, sebagaimana yang biasa ditemukan di desktop. Hal ini sangat membantu saat kita salah menghapus file. Berbeda dengan DropBox dan Google Drive, yang menyimpan history file yang dihapus dalam 30 hari, sehingga file yang terhapus dapat dikembalikan selama belum melebihi 30 hari.

DropBox unggul dalam hal ekosistem pihak ketiga. Sementara Google Drive dan SkyDrive dikembangkan oleh developer dari dalam perusahaan, DropBox memiliki pengembang yang cukup besar. SkyDrive tersedia untuk Windows, MAC, Android, iOS, dan Windows Phone.

Selain itu, kapasitas DropBox yang didapatkan secara gratis 2 GB, dan dapat ditingkatkan menjadi 18 GB dengan cara referral, yaitu tambahan 500 MB untuk setiap teman yang ikut mendaftar ke layanan ini.

Sementara itu, selain menawarkan penyimpanan 50 GB, situs yang baru diluncurkan kembali, Mega, menawarkan perlindungan privasi pengguna, tiga pilihan harga, ruang penyimpanan tambahan, dan bandwith. Situs ini dibuat dalam HTML5, yang sangat cocok dengan browser Chrome.

Dikutip dari Erwin Zahri (Koran Tempo, 2 Februari 2013, halaman Suplemen Gaya Hidup Digital)

One thought on “Menyimpan Data di Awang-awang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s