Pembelajaran TIK di SMA/MA

A.    Latar Belakang

Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang  dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang SMA/MA mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan mengkomunikasikan  informasi. Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah diperoleh pada jenjang SMP/MTs, sekaligus sebagai bekal bagi peserta didik untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia termasuk pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

B.   Tujuan

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.    Memahami teknologi informasi dan komunikasi

2.    Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

3.    Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

4.    Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.    Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi

2.    Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X,  Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan operasi dasar komputer 1.1  Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur 

1.2  Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

 

2.   Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 

 

2.1  Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 

2.2  Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)

2.3  Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi

 

3.   Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 

 

3.1 Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi 

3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan  Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi

3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi

 

Kelas  X, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Menggunakan Operating System (OS) komputer 

 

4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer 

4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer

4.3. Melakukan manajemen file

1.    Menggunakan perangkat lunak pengolah kata 

 

5.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata 

5.2  Menggunakan menu dan ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

5.3  Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Kelas  XI,  Semester  1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1.  Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi 

 

1.1  Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet 

1.2  Mendeskripsikan cara akses Internet

1.3  Mempraktikkan akses Internet

1.4  Menggunakan web browser untuk  memperoleh, menyimpan, dan mencetak  informasi

1.5  Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

 

Kelas XI, Semester  2

 

Standar Kompetensi

 

 

Kompetensi Dasar

2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi 

 

2.1  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka 

2.2  Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram

2.3  Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi

Kelas  XII, Semester 1

 

Standar Kompetensi

 

 

Kompetensi Dasar

1.      Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis 

 

Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis 

Menggunakan menu dan ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran

Kelas  XII,  Semester 2

 

Standar Kompetensi

 

 

Kompetensi Dasar

2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi 

 

2.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi 

2.2  Menggunakan menu dan ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi

2.3  Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

E.  Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Sumber:

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

3 thoughts on “Pembelajaran TIK di SMA/MA

    • Kalimat lengkapnya: “Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah diperoleh pada jenjang SMP/MTs, …. ” jadi memang demikian. Terimakasih atas perhatiannya.

  1. Bu , materi ulangan buat X3 itu yang mana ?
    Yang etika moral dalam menggunakan TIK berkaitan dengan UU hak cipta
    atau yang materi operasi dasar komputer
    atau dua duanya ?
    makasih bu .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s